Senin, 05 Januari 2009

potret pendidikan di Indonesia

Belajar Dekat Kandang Kambing

Lokasi belajar yang berdekatan dengan kandang kambing.
Liputan6.com, Pacitan: Para murid Sekolah Dasar Kalikuning 4 Pacitan, Jawa Timur belajar dengan kondis memprihatinkan. Selain fasilitas yang minim, para generasi penerus bangsa ini harus belajar sambil mencium bau kambing. Maklum, kandang kambing tak terlalu jauh dari ruang belajar.

Belajar "beraroma" kotoran kambing terpaksa dilakukan karena sekolah kekurangan ruang belajar sehingga harus meminjam rumah warga yang dekat kandang. Telah empat tahun siswa belajar dengan kondisi ini. Permintaan dana menambah ruang kelas belum juga disetujui pemerintah setempat.

Tetapi ruangan yang digunakan jauh dari kata memadai. Selain bau, siswa harus bergilir menggunakan ruang kelas serta belajar menghadap kandang kambing pun dilakoni. Ruangan yang sempit membuat kegiatan belajar kurang efektif. Para siswa juga pasti tidak dapat berkonsentrasi.

Kerinduan untuk mempunyai ruang kelas yang layak disuarakan siswa SD 4 Kalikuning pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang adalah putra daerah Pacitan. Sama-sama putra daerah, besar harapan anak-anak ini agar suara mereka didengar hingga akhirnya punya ruang kelas yang memadai.

Murid-murid SD 4 Kalikuning mungkin tidak tahu kalau pemerintah telah menganggarkan triliunan dana untuk anggaran pendidikan. Yang mereka tahu adalah supaya dapat bersekolah dengan baik dan layak yang sampai saat ini masih merupakan sebuah impian.(JUM/Dirgo Suyono)

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini