Senin, 05 Januari 2009

Flashdisk penyebar utama virus komputer

Penyebaran virus komputer dapat disebabkan karena berbagai hal. Namun kalau dirunut penyebab utamanya, flashdisk dinilai menjadi media paling berpengaruh dalam penyebaran virus ini.
Virus pastinya menjadi program yang amat tidak diinginkan seluruh penguna komputer. Berdasarkan data dari Vaksincom, sekurangnya ada 100 varian virus lokal yang setiap bulannya menyebar di Indonesia pada 2008. Jumlah itu belum ditambah virus luar yang perkembangannya juga tak kalah ramainya.

Menurut pakar virus dari Vaksincom Alfons Tanujaya, berbagai modus penyebaran menjadi biang keladi tumbuh kembangnya virus di tanah air. Namun yang paling menonjol adalah melalui perantaraan flashdisk.

"Virus sebagian besar menyerang common user melalui media seperti flashdisk ataupun melalui fake email, sehingga para user yang tidak teliti akan mudah sekali terinfeksi," tuturnya dalam seminar tren malware 2008-2009 dan cara antisipasinya di Hotel Cimere, Bandung akhir pekan lalu.

Melihat tren penyebaran virus yang terjadi di 2008 ini, Alfons menyimpulkan bahwa untuk tahun 2009 penyebaran virus masih akan didominasi melalui sarana flashdisk.

Apalagi di Indonesia, flashdisk saat ini sudah bukan menjadi barang mewah, sehingga dari hari ke hari jumlah pengguna media penyimpanan itu terus bertambah.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini