Rabu, 03 Februari 2010

JAMUR



Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) atau jamur tiram putih adalah jamur pangan dengan tudung berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii atau King Oyster Mushroom.

Tubuh buah memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus), sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagian tudung berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm. Tepi tudung mulus sedikit berlekuk. Spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm. Miselia berwarna putih dan bisa tumbuh dengan cepat.

Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang.

Budidaya jamur ini tergolong sederhana. Jamur tiram biasanya dipeliharan dengan media tanam serbuk gergaji steril yang dikemas dalam kantung plastik.

Selain campuran pada berbagai jenis masakan, jamur tiram merupakan bahan baku obat statin. Jamur tiram diketahui membunuh dan mencerna nematoda yang kemungkinan besar dilakukan untuk memperoleh nitrogen.

jamur tiram ini bisa di jadikan masakan apa aja loh, diantaranya jadi tumis jamur, sate jamur, sop jamur, jamur goreng, sayur bening jamur, evrything lah , segala macam masakan bisa di campur dengan jamur tiram ini, dan hasilnya wih……enak bgt lah. ibu saya sering masak jamur nya dengan berbagai bentuk masakan, y itu td yang saya sebutkan dah pernah saya rasain. rasanya enak bgt lah.



gbr di atas sate jamur, wih...saya dah pernah ngerasain. wueennak buanget. apalagi yg masak ibu saya. hehehe...emang ibu pemasak handal di rumah...gk ada yg lebih enak masakan selain ibu saya yang masak^______^

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini