Minggu, 07 Februari 2010

Bekerja Lama di Depan Komputer Picu Mata Kering

ANDA pernah merasakan keluhan mata kering (dry eye syndrome)? Itu salah satu keluhan mata yang diakibatkan berkurangnya produksi air mata dan atau berkurangnya kualitas air mata. Salah satu penyebabnya adalah bekerja lama di depan komputer.

Menurut Kepala KSM Mata RSD Mattaher Jambi dr Kuswaya Waslan SpM, mata akan berfungsi secara optimal, di antaranya bila lapisan air mata yang menutupi permuakaan mata dalam keadaan normal baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Kalau air mata tidak normal, fungsi air mata sebagai media optik, mengeluarkan debu/kotoran, menjaga kelembapan mata, adanya enzim-enzim untuk menetralisasi mikroorganisme dan fungsi suplai makanan terhadap kornea akan terganggu, yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut dari mata. “Sehingga boleh dikatakan bahwa air mata berguna yang penting untuk kesehatan mata,” ujarnya kemarin.

Secara anatomi, air mata terdiri atas tiga lapisan. Lapisan pertama (lapisan musin) adalah lapisan yang menempel pada kornea, dihasilkan oleh sel goblet pada konungtiva. Lapisan kedua di tengah lapisan akuos, yang dihasilkan oleh kelenjar lakrimal utama dan kelenjar lakrimal tambahan seperti kelenjar Krause dan kelenjar wolfring yang terdapat pada fornik konjungtiva.

Lapisan ketiga atau paling atas adalah lapisan lemak yang dihasilkan oleh kelenjar meibomian dan kelenjar zeis. Secara normal ketiga lapisan itu homogen dan kuat sekali perlengketannya. “Tetapi kalau ada sesuatu pengaruh yang menyebabkan lapisan-lapisan tersebut terganggu, keluhan mata kering akan terjadi,” ujarnya.

Gejalanya, mata terasa berat, panas, seperti ada benda asing, penglihatan buram, terasa mengganjal, dan yeri. Keluhan tersebut tegantung derajat keparahan mata kering. “Keluhan tersebut biasanya terjadi kalau mata digunakan terus-menerus atau pada kondisi lingkungan panas, berangin, dan kelembapan yang rendah,” jelasnya.

Untuk memeriksa dan menilai lapisan air mata, bisa dilakukan pemeriksaan schirmer untuk melihat produksi air mata; pemeriksaan break up time untuk memeriksa lapisan air mata lapisan lemak; dan pemeriksaan rose bengal untuk memeriksa lapisan air mata lapisan musin.

Lalu apa penyebabnya? Penyebab dari mata kering ada beberapa. Pertama, proses normal karena faktor usia, biasanya terjadi pada wanita berumur sekitar 40 tahunan yang disebabkan fluktuasi hormonal atau pada wanita mau menopause.

Kedua, karena efek samping dari penggunaan obat-obatan seperti antihistamin/antialergi, antidepresi, obat darah tinggi, obat parkinson, dan obat pil keluarga berencana.

Dapat juga karena seseorang menderita penyakit seperti lupus, rheumatoid arthritis, sjogren sindroma. Kemudian bisa juga karena tidak sempurnanya penutupan kelopak mata, seperti pada penderita hipertiroid, bels palsy, tumor pada kelopak mata.

Selanjutnya, bisa muncul jika ada penyakit mata seperti blepharitis/ radang kelopak mata, ptrerygiun. Kemudian akibat pekerjaan seperti bekerja pada ruangan ber-AC, kurangnya mata berkedip.

Keadaan lain, hidup atau tinggal di lingkugan kering, berdebu dan banyak angin, penggunaan lensa kontak yang lama, penggunaan obat tetes mata yang mengandung bahan pengawet seperti thimerosal dan. “Pada penelitian terakhir, akibat merokok,” tambahnya. benzalkonium klorida

Dianjurkan Konsumsi Suplemen Makanan Asam Lemak Esensial

Untuk mengatasi berkurangnya produksi air mata, biasanya yang sering dilakukan adalah memberikan tetes mata air mata buatan.

Menurut dr Kuswaya Waslan SpM, secara umum, pada penderita mata kering yang diberikan adalah tetes mata air mata buatan. Tapi penatalaksanan mata kering tetap tergantung penyebabnya. “Air mata buatan hanya untuk mengatasi keluhaan,” jelasnya.

Sementara untuk mengurangi keluhan akibat iritasi angin, dianjurkan kalau berkegiatan di luar ruangan memakai kacamata redup. Untuk kelainan mata kering yang sudah berat, bisa dilakukan penutupan sementara atau permanen saluran keluar air mata dengan cara pemasangan silicon plug.
Pada sekarang ini tenaga medis bisa juga merekomendasikan makanan suplemen untuk penderita mata kering, yaitu makanan yang mengandung asam lemak esensial (linoleic dan gamma linoleic) seperti ikan salmon yang mengandung omega 3, dapat mengurangi keluhan mata kering.(*)

/www.jambi-independent.co.id

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini